Quotes of The Day


Selasa, 16 November 2010

Tekhnologi Konstruksi : Mesin Penyusun Bata dan Paving Block untuk Jalan (Mesin Repaving)

Perkembangan tekhnologi pada era globalisasi terasa begitu cepat, memunculkan banyak penemuan penemuan yang mutakhir yang memudahkan manusia untuk melakukan pekerjaan sehari-harinya.  Dalam hal ini, penemuan baru di bidang konstrksi jalan. Dimana telah dikembagkannya alat untuk memasang paving pada jalan secara otomatis. Dan kita juga dapat menebak hasilnya..yap..sesuai dengan harapan kita tentunya. Alat ini bernama Tiger Stone..Macan Batu! kenapa bukan Telo Stone?atau Elephant Stone? haha...saya juga blm tau...(tekon Mbahmu) tp bukan it yang saya mau bahas disini, tp apa sebenarnya manfaat alat ini? silahkan disimak.

Apa itu Tiger Stone?


 


Tiger Stone adalah mesin yang memiliki lebar enam meter(selebar jalan) , sehingga pemasangan paving dalam suatu jalan bisa dipasang secara sempurna. Hasil akhirnya adalah bahwa batu segera terkunci ketat antara trotoar dan badan jalan serta selesai pada waktunya dan tidak ada limbah atau sampah di jalan! Tekhnologi ini yang dinominasikan untuk mendapat penghargaan dalam 
Herman Wijffels Innovation Award 2010.





Apa yang bisa si Tiger Stone ini lakukan  ??
  • Kondisi kerja yang lebih baik.
  • Termotivasi dan staf antusias.
  • Tinggi produksi harian: 300 m². sebagai perbandingan dengan menyusun secara konvensional didapatkan hanya 75

     per hari
  • kerja berkualitas tinggi dihasilkan.
  • Ini bisa dikerjakan dengan cepat, tanpa ada pekerjaan tambahan, seperti pemotongan.dll
  • Beberapa faktor yang secara bersamaan dapat diproses.
  • Pendek pengembalian.
  • Sederhana operasi.
  • Perawatan rendah dan biaya operasional lebih murah.






    Untuk menghasilkan jalan dari bata yang rapih dan tahan lama membutuhkan ketelitian dan waktu yang cukup., sehingga jika ada mesin yang dapat dapat membantu maka akan baik. Tiger Stone adalah alat yang dapat menjawab keinginan tersebut, perangkat yang menyusun bata dengan seketika dan rapih, membuat jalan yang instan dan cepat. Mesin ini dapat menyusun jalan bata dengan jarak hingga 400 meter.

    Cara Kerja Dari Tiger Stone

    Tiger Stone memiliki lebar maksimum seluas enam meter hal ini bahkan memungkinkan untuk membuat jalur sepeda yang ukurannya tidak terlalu lebar. Peletakan batu dalam mesin akan dilakukan secara manual dimana rak yang ergonomis yang berada di belakang menampung batu bata yang akan diatur dimana batu-batu melalui loader-mini yang ada di bawah mesin tersebut, Batu-bata tersebut secara otomatis akan terkait dengan jalur yang ada pada mesin tersebut. 

    Urutan Pekerjaan

    1.  Loading Batu bata dengan menggunakan forklift 


    2.  Penataan dan Penyusunan Paving oleh pekerja




    3.  Pengoperasian Mesin dengan menggunakan remote control, sehingga tidak mengganggu jalannya pekerjaan penyusunan paving





    4.   Alat ini memastikan pemasangan paving block dengan tepat dan presisi, adanya besi pada keluaran alat ini membuat hasil keluaran paving menjadi rata dan rapi.



      

    5.  Pekerjaan terakhir, yakni pemadatan, bertujuan agar paving yang telah terpasang menjadi semakin melekat dengan tanah dasar,, yang menjadikan paving tidak mudah terlepas dan tidak menakibatkan jalanmenjadi bergelombang.


    6.  Hasil akhir dari pemasangan paving( pavingisasi) dengan menggunakan Tiger Stone ini




    Sekian pengenalan tekhnologi baru dalam bidang konstruksi yang ada, alat ini diluncurkan pada tahun 2010 ini dan mendapat banyak sambutan dari pihak-pihak yang bergerak dalam bidang penyedia jasa layanan konstruksi.  Kita tunggu kapan Indonesia menggunakan alat ini untuk memasang paving, membuat jalan di kampung, memasang paving pada jalan raya,dll.  Tentunya alat ini pastilah sangat bermanfaat untuk memudahkan para pekerja konstruksi dalam bidang pekerjaannya. Pengenalan akan tekhnologi mutakhir di bidang konstruksi ini selayakna harus kita gali, kita explore lebih dalam, apabila kita memang belum sangup untuk menciptakan , paling tidak kita mengenal akan eksistensi dari tekhnologi baru yang ada di dunia, sehingga kita paling tidak, tidak terlalu tertinggal oleh laju perputaran waktu yang semakin terasa cepat dewasa ini,  yang telah melahirkan banyak penemuan baru, banyak ide ide yang brilian. Mudah mudahan tulisan ini dibaca oleh pihak pihak yang terkait di Indonesia, sehingga mulai melirik untuk pengaplikasian tekhnologi baru ini di Indonesia tentunya. Mohon maaf apabila ada salah kata, menerima kritik dan saran demi kebaikan bersama. Mari bekerja bersama membangun negeri Indonesia tercinta untuk masa depan Indonesia yang lebih cerah. The Bright Future waiting for me ahead, and i will headed there..to the bright future-my bright future.




    sumber : http://www.tiger-stone.nl/

0 komentar:

Posting Komentar